Iklan Sponsor

Sunday 10 May 2020

RELASI BISNIS


MAKALAH    
“ RELASI BISNIS ”

DOSEN PENGAMPU :
HERIYANI S.Th .I.M.Sy




DI SUSUN OLEH KELOMPOK 10
NADIA
SITI FATIMAH P



EKONOMI SYARIAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM AN-NADWAH KUALA TUNGKAL 2020/2021


KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat dan hidayah-Nya kami dapat menyeselesaikan makalah yang berjudul “RELASI BISNIS” dengan baik.
Kami juga mengucapkan terima kasih kepada ibu Heriyani S,Th.I M.S.y selaku Dosen pembimbing yang telah memberikan tugas ini, tak lupa kepada semua pihak yang bersangkutan baik makalah saya ucapkan terima kasih karena telah membantu dalam menyelesaikan makalah ini dengan baik . makalah ini jauh dari kata sempurna maka dari itu kritik dan saran yang bersifat membangun dari pihak pembaca untuk menambah pengetahuan .





Kuala tungkal,             2020


Penulis









DAFTAR ISI


Kata Pengantar................................................................................................................... i
Daftar isi............................................................................................................................ ii
Bab I Pendahuluan
1.1 Latar Belakang............................................................................................................ 1
1.2 Rumusan Masalah........................................................................................................ 1
1.3 Tujuan Makalah........................................................................................................... 1
Bab II Pembahasan
2.1 Pengertian Relasi......................................................................................................... 2
2.2 Rahasia Membangun Hubungan Baik dengan Relasi.................................................. 2
2.3 Tips Membangun Relasi dalam Berbisnis.................................................................... 4
2.4 Keuntungan Dalam Membangun Jaringan dan Relasi dalam Bisnis........................... 5
Bab III Penutup
3.1 Kesimpulan.................................................................................................................. 7
3.2 Daftar Pustaka










BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
              Dalam memasuki arena usaha atau memulai usaha baru, seorang dituntut tidak hanya memiliki kemampuan, tetapi juga harus memiliki ide dan kemauan. Ide dan kemauan tersebut, harus mewujudkan dalam bentuk barang dan jasa yang laku di pasar. Suatu usaha atau bisnis yang kita jalankan membutuhkan yang namanya relasi. Relasi atau jaringan merupakan hubungan kita sebagai usaha dengan orang lain baik itu sesampengusaha, calon konsumen, kalangan pemerintah, dan lain sebagainya. Relasi dalam bisnis sangat penting karena hal tersebut menyangkut segala hal yang berhubungan dengan bisnis yang sedang dikembangkan. Bayangkan jika relasi bisnis kita banyak tentu kita bisa dengan mudah menjalankan, memasarkan, dan lain-lain.
1.2  Rumusan Masalah
1.      Apa pengertian dari relasi ?
2.      Bagaimana cara membangun relasi yang baik?
3.      Tips apa saja dalam membangun bisnis?
4.      Apa keuntungan dalam membangun jaringan dan relasi dalam bisnis?
1.3  Tujuan Makalah
1.      Mengetahui pengertian relasi
2.      Mengetahui cara membangun relasi yang baik
3.      Mengetahui tips dalam membangun bisnis
4.      Mengetahui keuntungan dalam membangun jaringan dan relasi dalam bisnis





BAB II
PEMBAHASAN
Description: Image result for logo stai an nadwah
2.1 Pengertian Relasi
     Berikut ini adalah pengertian dan defenisi relasi menurut para ahli:
1.      Menurut Goerge Hillery Jr. relasi adalah sekelompok orang yang tinggal di daerah tertentu yang memiliki hubungan interaksi satu sama lain yang menjadikan kelompok itu saling mengenal satu sama lain dalam sebuah lingkungan kelompok manusia tersebut.
2.       Menurut Christensson dan Robinson bahwa relasi adalah orang-orang yang tinggal dalam daerah tertentu yang letaknya secara geografis. Dan dalam daerah yang berbarengan itu, satu sama lain saling berkomunikasi dan memiliki ikatan antara yang satu dengan yang lainnya.
3.      Menurut Fairi bahwa relasi adalah hasil dari sebuah pertemuan masyarakat yang dilakukan dalam jumlah kecil yang terlibat disebuah tempat yang ditunjuk.
Jadi, dari pendapat para ahli diatas dapat disimpulkan bahwa relasi adalah hubungan kita dengan teman, konsumen, dan sesama wirausaha dalam mencapai tujuan dalam mengembangkan usaha agar semakin bertambah besar.
2.1   Rahasia Membangun Hubungan Baik dengan Relasi
            Salah satu bentuk kesuksesan yang dapat mendorong kemajuan sebuah bisnis yang dibangun adalah kemampuan yang dimiliki dalam hal menarik dan mengelola hubungan baik dengan para relasi. Semakin banyak relasi yang dimiliki dan semakin harmonis hubungan baik yang terbangun, maka peluang membaik dan semakin membesarnya sebuah bisnis berjalan searah dengan dinamika relasinya. Orang-orang yang terlibat dalam sebuah operasional bisnis dan disebut dengan “relasi” diantaranya adalah:
a.       Semua orang yang berminat kepada produk dari sebuah bisnis yang dijalankan.
b.      Semua orang yang sudah membeli atau menggunakan produk dari bisnis yang dijalankan.
c.       Semua orang atau perusahaan yang menjadi supplier bisnis yang dijalankan.
d.      Semua karyawan ynag ikut dalam operasional bisnis yang dijalankan.
e.       Semua instansi yang terlibat dalam operasional bisnis yang dijalankan, seperti biro perdaganggan, perpajakan, perindustrian, perijiinan, dan sebagainya.
f.       Semua konsultan dan mitra sukses dari bisbnis yang dijalankan, dan lain sebagainya.
Lalu dimana saja hubungan relasi tersebut dibangun dengan baik, sudah tentu jawabannya hubungan relasi yang baik harus dan wajib dibangun kepada seluruh lapisan yang menjadi relasi dan operasional perusahaan, hingga masyarakat luas baik yang masuk dalam lingkup relasi maupun tidak ada hubungannya dengan operasional bisnis yang dikelola. Ketika ingin menarik sebuah relasi, pastikan pikiran, kata-kata, tindakan dan situasi lingkungan yang tidak berlawanan dengan hasrat kita. Kunci sukses sebagai rahasia dalam membangun dengan relasi yang luas dan baik, diantarany adalah sebagai berikut:
a.       Tugas kita adalah diri kita sendiri. Kecuali jika kita mengisi diri lebih dahulu, maka kita tidak memiliki apapun untuk diberikan kepada orang lain.
b.      Perlakukan diri sendiri dengan cinta dan hormat, maka kita akan menarik orang-orang yang menunjukkan cina dan hormat kepada diri kita.
c.       Ketika kita merasa buruk terhadap diri sendiri, kita menghalangi cinta, dan kita tentunya akan menarik lebih banyak orang dan situasi yang akan terus menerus membuat kita merasakan buruk terhadap diri sendiri.
d.      Fokuskan juga pada kualitas-kualitas yang kita sukai pada diri kita sendiri, maka hukum tarik menarik akan menunjukkan lebih banyak hal-hal yang hebat tentang diri kita.
e.       Agar hubungan relasi berjalan dengan baik, fokuskan pada apa yang kita hargai dari orang lain, dan bukan pada keluhan kita. Ketika kita focus pada kekuatan orang lain, maka kita akan mendapatkan lebih banyak kekuata dari mereka.
2.3 Tips Membangun Relasi dalam Berbisnis
Berikut ini beberapa tips dalam membangun relasi dalam berbisnis adalah:
a.       Bangun kepercayaan dalam berbinis
Membangun relasi berarti membangun kepercayaan dan kejujuran. Kita perlu menanamkan sikap jujur dan bisa dipercaya dalam menjalankan dan mengelola bisnis. Yakinkan orang lain bahwa apa yang kita lakukan dalam berbisnis tidak mengecewakan orang lain. Jaga dan peliharalah reputasi kita sebagai pebisnis yang jujur, ulet, bisa diandalkan, dan bisa diajak kerjasama. Orang akan mudah menjalankan relasi dengan seseorang jika ia memiliki sikap-sikap di atas. Sebaliknya, relasi sulit terwujud jika kepercayaan tak kita bangun dalam berbisnis.
Description: Image result for logo stai an nadwah
b.      Bergabung dalam komunitas pebisnis
Komunitas-komunitas tersebut tak hanya kumpulan para pebisnis saja, namun juga memiliki berbagai tugas dan tujuan. Biasanya para komunitas pebisnis punya agenda tertentu. Misalnya pameran, kumpul barang dan lain-lain.
c.       Jalin relasi dengan pelanggan atau konsumen
Yang tak kalah pentingnya dalam membangun relasi bisnis adalah menjalin relasi dan hubungan baik dengan pelanggan atau konsumen. Konsumen adalah pihak yang kita butuhkan dalam berbisnis. Selain memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan dan konsumen, relasi juga mesti dibangun. Jadilah pebisnis yang bisa memberikan layanan yang terbaik. agar bisnis yang kita jalankan dikenal dengan luas pelanggan tak ada salahnya jika kita membentuk semacam perkumpulan atau komunitas khusus bagi pelanggan baik penggan baru maupun lama.
d.      Jalin kerjasama dengan pihak lain
Dalam berbisnis menjalin kerjasama dengan pihak lain sangat penting. Selain membantu kesuksesan bisnis kita, kerjasama dengan pihak lain juga menambah pengetahuan dan pengalaman serta relasi kita tentunya.
2.4   Keuntungan dalam Membangun Jaringan dan Relasi dalam Bisnis
            Membangun usaha yang sukses membutuhkan banyak waktu dan motivasi untuk berkembang, sehingga baik bagi anda untuk memiliki jaringan teman dan rekan untuk memberikan energy yang positif yang membuat anda semakin giat dalam menjalankan usaha anda. Berikut adalah 5 keuntungan lain dalam membangun jaringan dan relasi dalam berbisnis:
a)      Dari mulut ke mulut
Jaringan bisnis yang baik akan membantu anda tidak hanya dalam menambah relasi tetapi meningkatkan kualitas usaha anda. Dikatakan bahwa trik marketing yang paling bagus adalah melalui pembicaraan mulut ke mulut. Dengan membangun jaringan dan menambah pergaulan, akan jauh lebih banyak orang yang akan tertarik dengan produk dan jasa yang anda tawarkan. Seperti banyak yang diketahui, seorang individu gemar berbagi informasi kepada rekan dan sahat mereka, termasuk membicarakan tentang usaha nada apabila ada yang berkaitan.
b)      Menambah koneksi dan relasi
Keuntungan terbesar dalam memiliki relasi yang luas adalah bertambahnya koneksi anda dalam menjalankan dunia usaha. Dengan mengenal anda, orang akan menaruh kepercayaan lebih kepada anda. Anda dapat memberikan masukan kepada orang yang membutuhkan sesuatu dari bidang anda.
c)      Memecahkan persoalan yang sama
Anda akan menemukan orang yang menghadapi persoalan dalam dunia usaha yang hamper sama dengan apa yang sedang anda alami. Mereka dapat masalah tersebut dan anda dapat mengambil contoh bagimana mereka menyikapi masalah tersebut dan menerapkannya dalam usaha anda sendiri. Dalam arti lain, anda akan bertemu individu lain melalui koneksi bisnis yang akan berperan sebagai mentor anda ketika anda berhadapan dengan persoalan. Dengan pertolongan seperti ini, anda akan mendapat diri anda jauh lebih percaya diri dalam mengambil keputusan.
d)     Kesempatan yang tidak pernah dipikirkan sebelumnya
Dengan mengenal pribadi lain, pikiran anda akan menjadi lebih terbuka dan mengetahui akan adanya kesempatan baru dapat anda raih. Kenyataannya, ketika anda mengenal lebih banyk orang, anda tidak akan pernah tau apakah anda dapat menolong orang tersebut dimasa depan ataupun sebaliknya. Jika kita menutup diri untuk berkomunikasi dengan yang lain, maka kesempatan yang kita dapatkan akan menjadi sangat terbatas.
e)      Bukannya hanya meningkatkan penjualan
Kebanyakan orang yang salah kaprah dalam mengartikan relasi bisnis karena semua dikaitkan dengan penjualan. Pada kenyataannya, membangun relasi bisnis tidak semata-mata demi meningkatkan penjualan. Dengan bekerjasama dengan orang lain, anda akan mendapatkan pengetauhuan yang dapat digunakan dalam mengembangkan usaha anda dengan membangun relasi sebagian besar merupakan salah satu strategi dalam menjalankan bisnis. tetapi tidak semata-mata hanya itu saja, mengenal banyak orang yang memiliki pandangan berbeda-beda dan dikelilingi oleh banyak teman dibidang yang beragam akan menjadikan anda pribadi yang lebih baik dan juga akan menambah wawasan anda akan dunia bisnis maupun pribadi.














BAB III
PENUTUP
3.1 kesimpulan
Penulis dapat menyimpulkan dari pembahasan materi yang berjudul faktor relasi dalam pengembangan kewirausahaan yaitu:
3.1.1Relasi adalah hubungan kita dengan teman, konsumen, dan sesama wirausaha dalam mencapai tujuan dalam mengembangkan usaha agar semakin bertambah besar.
3.1.2Rahasia dalam membangun dengan relasi yang luas dan baik, diantarany adalah Ketika kita merasa buruk terhadap diri sendiri, kita menghalangi cinta, dan kita tentunya akan menarik lebih banyak orang dan situasi yang akan terus menerus membuat kita merasakan buruk terhadap diri sendiri.
1.      Fokuskan juga pada kualitas-kualitas yang kita sukai pada diri kita sendiri, maka hukum tarik menarik akan menunjukkan lebih banyak hal-hal yang hebat tentang diri kita.
Description: Image result for logo stai an nadwah2.      Agar hubungan relasi berjalan dengan baik, fokuskan pada apa yang kita hargai dari orang lain, dan bukan pada keluhan kita. Ketika kita focus pada kekuatan orang lain, maka kita akan mendapatkan lebih banyak kekuata dari mereka.
3.1.3        Tips dalam membangun relasi dalam berbisnis adalah:
a.       Bangun kepercayaan dalam berbinis
b.      Bergabung dalam komunitas pebisnis
c.       Jalin relasi dengan pelanggan atau konsumen
d.      Jalin kerjasama dengan pihak lain
3.1.4 Keuntungan lain dalam membangun jaringan dan relasi dalam berbisnis:
a)      Dari mulut ke mulut
b)      Menambah koneksi dan relasi
c)      Memecahkan persoalan yang sama.
d)     Kesempatan yang tidak pernah dipikirkan sebelumnya.
e)      Bukannya hanya meningkatkan penjualan

DAFTAR PUSTAKA

No comments:

Post a Comment