MAKALAH
“
RELASI BISNIS ”
DOSEN
PENGAMPU :
HERIYANI
S.Th .I.M.Sy
DI
SUSUN OLEH KELOMPOK 10
NADIA
SITI
FATIMAH P
EKONOMI
SYARIAH
SEKOLAH
TINGGI AGAMA ISLAM AN-NADWAH KUALA TUNGKAL 2020/2021
KATA
PENGANTAR
Puji syukur saya
panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat dan hidayah-Nya kami
dapat menyeselesaikan makalah yang berjudul “RELASI BISNIS” dengan baik.
Kami juga mengucapkan
terima kasih kepada ibu Heriyani S,Th.I M.S.y selaku Dosen pembimbing yang
telah memberikan tugas ini, tak lupa kepada semua pihak yang bersangkutan baik
makalah saya ucapkan terima kasih karena telah membantu dalam menyelesaikan
makalah ini dengan baik . makalah ini jauh dari kata sempurna maka dari itu
kritik dan saran yang bersifat membangun dari pihak pembaca untuk menambah
pengetahuan .
Kuala
tungkal, 2020
Penulis
DAFTAR
ISI
Kata
Pengantar................................................................................................................... i
Daftar isi............................................................................................................................ ii
Bab I Pendahuluan
1.1 Latar
Belakang............................................................................................................ 1
1.2 Rumusan
Masalah........................................................................................................ 1
1.3 Tujuan
Makalah........................................................................................................... 1
Bab II Pembahasan
2.1 Pengertian
Relasi......................................................................................................... 2
2.2 Rahasia
Membangun Hubungan Baik dengan Relasi.................................................. 2
2.3 Tips
Membangun Relasi dalam Berbisnis.................................................................... 4
2.4 Keuntungan Dalam
Membangun Jaringan dan Relasi dalam Bisnis........................... 5
Bab III Penutup
3.1
Kesimpulan.................................................................................................................. 7
3.2 Daftar Pustaka
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Dalam
memasuki arena usaha atau memulai usaha baru, seorang dituntut tidak hanya
memiliki kemampuan, tetapi juga harus memiliki ide dan kemauan. Ide dan kemauan
tersebut, harus mewujudkan dalam bentuk barang dan jasa yang laku di
pasar. Suatu usaha atau bisnis yang kita jalankan membutuhkan
yang namanya relasi. Relasi atau jaringan merupakan hubungan kita sebagai usaha
dengan orang lain baik itu sesama pengusaha,
calon konsumen, kalangan pemerintah, dan lain sebagainya. Relasi dalam bisnis
sangat penting karena
hal tersebut menyangkut segala hal yang berhubungan dengan bisnis yang
sedang dikembangkan. Bayangkan
jika relasi bisnis kita banyak tentu kita bisa dengan mudah menjalankan,
memasarkan, dan lain-lain.
1.2 Rumusan
Masalah
1. Apa
pengertian dari relasi ?
2. Bagaimana
cara membangun relasi yang baik?
3. Tips
apa saja dalam membangun bisnis?
4. Apa
keuntungan dalam membangun jaringan dan relasi dalam bisnis?
1.3 Tujuan
Makalah
1. Mengetahui
pengertian relasi
2. Mengetahui
cara membangun relasi yang baik
3. Mengetahui
tips dalam membangun bisnis
4. Mengetahui
keuntungan dalam membangun jaringan dan relasi dalam bisnis
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian
Relasi
Berikut
ini adalah pengertian dan defenisi relasi menurut para ahli:
1. Menurut
Goerge Hillery Jr. relasi adalah sekelompok orang yang tinggal di daerah
tertentu yang memiliki hubungan interaksi satu sama lain yang menjadikan
kelompok itu saling mengenal satu sama lain dalam sebuah lingkungan kelompok
manusia tersebut.
2. Menurut
Christensson dan Robinson bahwa relasi adalah orang-orang yang tinggal dalam
daerah tertentu yang letaknya secara geografis. Dan dalam daerah yang
berbarengan itu, satu sama lain saling berkomunikasi dan memiliki ikatan antara
yang satu dengan yang lainnya.
3. Menurut
Fairi bahwa relasi adalah hasil dari sebuah pertemuan masyarakat yang dilakukan
dalam jumlah kecil yang terlibat disebuah tempat yang ditunjuk.
Jadi, dari pendapat
para ahli diatas dapat disimpulkan bahwa relasi adalah hubungan kita dengan
teman, konsumen, dan sesama wirausaha dalam mencapai tujuan dalam mengembangkan
usaha agar semakin bertambah besar.
2.1 Rahasia Membangun Hubungan Baik
dengan Relasi
Salah
satu bentuk kesuksesan yang dapat mendorong kemajuan sebuah bisnis yang
dibangun adalah kemampuan yang dimiliki dalam hal menarik dan mengelola
hubungan baik dengan para relasi. Semakin banyak relasi yang dimiliki dan
semakin harmonis hubungan baik yang terbangun, maka peluang membaik dan semakin
membesarnya sebuah bisnis berjalan searah dengan dinamika relasinya.
Orang-orang yang terlibat dalam sebuah operasional bisnis dan disebut dengan
“relasi” diantaranya adalah:
a. Semua
orang yang berminat kepada produk dari sebuah bisnis yang dijalankan.
b. Semua orang
yang sudah membeli atau menggunakan produk dari bisnis yang dijalankan.
c. Semua
orang atau perusahaan yang menjadi supplier bisnis yang dijalankan.
d. Semua karyawan
ynag ikut dalam operasional bisnis yang dijalankan.
e. Semua instansi
yang terlibat dalam operasional bisnis yang dijalankan, seperti biro
perdaganggan, perpajakan, perindustrian, perijiinan, dan sebagainya.
f. Semua
konsultan dan mitra sukses dari bisbnis yang dijalankan, dan lain sebagainya.
Lalu dimana saja hubungan relasi tersebut dibangun
dengan baik, sudah tentu jawabannya hubungan relasi yang baik harus dan wajib
dibangun kepada seluruh lapisan yang menjadi relasi dan operasional perusahaan,
hingga masyarakat luas baik yang masuk dalam lingkup relasi maupun tidak ada
hubungannya dengan operasional bisnis yang dikelola. Ketika ingin menarik
sebuah relasi, pastikan pikiran, kata-kata, tindakan dan situasi lingkungan
yang tidak berlawanan dengan hasrat kita. Kunci sukses sebagai rahasia dalam
membangun dengan relasi yang luas dan baik, diantarany adalah sebagai berikut:
a. Tugas
kita adalah diri kita sendiri. Kecuali jika kita mengisi diri lebih dahulu,
maka kita tidak memiliki apapun untuk diberikan kepada orang lain.
b. Perlakukan
diri sendiri dengan cinta dan hormat, maka kita akan menarik orang-orang yang
menunjukkan cina dan hormat kepada diri kita.
c. Ketika
kita merasa buruk terhadap diri sendiri, kita menghalangi cinta, dan kita
tentunya akan menarik lebih banyak orang dan situasi yang akan terus menerus
membuat kita merasakan buruk terhadap diri sendiri.
d. Fokuskan juga
pada kualitas-kualitas yang kita sukai pada diri kita sendiri, maka hukum tarik
menarik akan menunjukkan lebih banyak hal-hal yang hebat tentang diri kita.
e. Agar
hubungan relasi berjalan dengan baik, fokuskan pada apa yang kita hargai dari
orang lain, dan bukan pada keluhan kita. Ketika kita focus pada kekuatan orang
lain, maka kita akan mendapatkan lebih banyak kekuata dari mereka.
2.3 Tips Membangun Relasi dalam Berbisnis
Berikut ini beberapa tips dalam membangun relasi
dalam berbisnis adalah:
a. Bangun
kepercayaan dalam berbinis
Membangun relasi berarti membangun kepercayaan dan
kejujuran. Kita perlu menanamkan sikap jujur dan bisa dipercaya dalam
menjalankan dan mengelola bisnis. Yakinkan orang lain bahwa apa yang kita
lakukan dalam berbisnis tidak mengecewakan orang lain. Jaga dan peliharalah
reputasi kita sebagai pebisnis yang jujur, ulet, bisa diandalkan, dan bisa
diajak kerjasama. Orang akan mudah menjalankan relasi dengan seseorang jika ia
memiliki sikap-sikap di atas. Sebaliknya, relasi sulit terwujud jika
kepercayaan tak kita bangun dalam berbisnis.
Komunitas-komunitas tersebut tak hanya kumpulan para
pebisnis saja, namun juga memiliki berbagai tugas dan tujuan. Biasanya para
komunitas pebisnis punya agenda tertentu. Misalnya pameran, kumpul barang dan
lain-lain.
c. Jalin
relasi dengan pelanggan atau konsumen
Yang tak kalah pentingnya dalam membangun relasi
bisnis adalah menjalin relasi dan hubungan baik dengan pelanggan atau konsumen.
Konsumen adalah pihak yang kita butuhkan dalam berbisnis. Selain memberikan
pelayanan terbaik pada pelanggan dan konsumen, relasi juga mesti dibangun.
Jadilah pebisnis yang bisa memberikan layanan yang terbaik. agar bisnis yang
kita jalankan dikenal dengan luas pelanggan tak ada salahnya jika kita
membentuk semacam perkumpulan atau komunitas khusus bagi pelanggan baik penggan
baru maupun lama.
d. Jalin
kerjasama dengan pihak lain
Dalam berbisnis menjalin kerjasama dengan pihak lain
sangat penting. Selain membantu kesuksesan bisnis kita, kerjasama dengan pihak
lain juga menambah pengetahuan dan pengalaman serta relasi kita tentunya.
2.4 Keuntungan dalam Membangun Jaringan
dan Relasi dalam Bisnis
Membangun
usaha yang sukses membutuhkan banyak waktu dan motivasi untuk berkembang,
sehingga baik bagi anda untuk memiliki jaringan teman dan rekan untuk
memberikan energy yang positif yang membuat anda semakin giat dalam menjalankan
usaha anda. Berikut adalah 5 keuntungan lain dalam membangun jaringan dan
relasi dalam berbisnis:
a) Dari mulut ke
mulut
Jaringan bisnis yang baik akan membantu anda tidak
hanya dalam menambah relasi tetapi meningkatkan kualitas usaha anda. Dikatakan
bahwa trik marketing yang paling bagus adalah melalui pembicaraan mulut ke
mulut. Dengan membangun jaringan dan menambah pergaulan, akan jauh lebih banyak
orang yang akan tertarik dengan produk dan jasa yang anda tawarkan. Seperti
banyak yang diketahui, seorang individu gemar berbagi informasi kepada rekan
dan sahat mereka, termasuk membicarakan tentang usaha nada apabila ada yang
berkaitan.
b) Menambah
koneksi dan relasi
Keuntungan terbesar dalam memiliki relasi yang luas
adalah bertambahnya koneksi anda dalam menjalankan dunia usaha. Dengan mengenal
anda, orang akan menaruh kepercayaan lebih kepada anda. Anda dapat memberikan
masukan kepada orang yang membutuhkan sesuatu dari bidang anda.
c) Memecahkan
persoalan yang sama
Anda akan menemukan orang yang menghadapi persoalan
dalam dunia usaha yang hamper sama dengan apa yang sedang anda alami. Mereka
dapat masalah tersebut dan anda dapat mengambil contoh bagimana mereka
menyikapi masalah tersebut dan menerapkannya dalam usaha anda sendiri. Dalam
arti lain, anda akan bertemu individu lain melalui koneksi bisnis yang akan
berperan sebagai mentor anda ketika anda berhadapan dengan persoalan. Dengan
pertolongan seperti ini, anda akan mendapat diri anda jauh lebih percaya diri
dalam mengambil keputusan.
d) Kesempatan yang
tidak pernah dipikirkan sebelumnya
Dengan mengenal pribadi lain, pikiran anda akan
menjadi lebih terbuka dan mengetahui akan adanya kesempatan baru dapat anda
raih. Kenyataannya, ketika anda mengenal lebih banyk orang, anda tidak akan
pernah tau apakah anda dapat menolong orang tersebut dimasa depan ataupun
sebaliknya. Jika kita menutup diri untuk berkomunikasi dengan yang lain, maka
kesempatan yang kita dapatkan akan menjadi sangat terbatas.
e) Bukannya hanya
meningkatkan penjualan
Kebanyakan orang yang salah kaprah dalam mengartikan
relasi bisnis karena semua dikaitkan dengan penjualan. Pada kenyataannya,
membangun relasi bisnis tidak semata-mata demi meningkatkan penjualan. Dengan
bekerjasama dengan orang lain, anda akan mendapatkan pengetauhuan yang dapat
digunakan dalam mengembangkan usaha anda dengan membangun relasi sebagian besar
merupakan salah satu strategi dalam menjalankan bisnis. tetapi tidak semata-mata
hanya itu saja, mengenal banyak orang yang memiliki pandangan berbeda-beda dan
dikelilingi oleh banyak teman dibidang yang beragam akan menjadikan anda
pribadi yang lebih baik dan juga akan menambah wawasan anda akan dunia bisnis
maupun pribadi.
BAB III
PENUTUP
3.1 kesimpulan
Penulis dapat
menyimpulkan dari pembahasan materi yang berjudul faktor relasi dalam
pengembangan kewirausahaan yaitu:
3.1.1Relasi adalah
hubungan kita dengan teman, konsumen, dan sesama wirausaha dalam mencapai
tujuan dalam mengembangkan usaha agar semakin bertambah besar.
3.1.2Rahasia
dalam membangun dengan relasi yang luas dan baik, diantarany adalah Ketika kita
merasa buruk terhadap diri sendiri, kita menghalangi cinta, dan kita tentunya
akan menarik lebih banyak orang dan situasi yang akan terus menerus membuat
kita merasakan buruk terhadap diri sendiri.
1. Fokuskan juga
pada kualitas-kualitas yang kita sukai pada diri kita sendiri, maka hukum tarik
menarik akan menunjukkan lebih banyak hal-hal yang hebat tentang diri kita.
2. Agar hubungan
relasi berjalan dengan baik, fokuskan pada apa yang kita hargai dari orang
lain, dan bukan pada keluhan kita. Ketika kita focus pada kekuatan orang lain,
maka kita akan mendapatkan lebih banyak kekuata dari mereka.
3.1.3 Tips dalam membangun relasi dalam
berbisnis adalah:
a. Bangun
kepercayaan dalam berbinis
b. Bergabung
dalam komunitas pebisnis
c. Jalin
relasi dengan pelanggan atau konsumen
d. Jalin
kerjasama dengan pihak lain
3.1.4 Keuntungan
lain dalam membangun jaringan dan relasi dalam berbisnis:
a) Dari mulut ke
mulut
b) Menambah
koneksi dan relasi
c) Memecahkan
persoalan yang sama.
d) Kesempatan yang
tidak pernah dipikirkan sebelumnya.
e) Bukannya hanya
meningkatkan penjualan
DAFTAR PUSTAKA
No comments:
Post a Comment